Kamis, 18 Juni 2009

kenapa harus politik???


berdasarkan pada QS ali-imran:104
didalam nash tersebut alloh telah menggariskan bahwa tugas jama'ah adalah menyerukan (mendakwahkan) islam dan menyerukan amar makruf nahimunkar.

menyerukan islam itu bisa meliputi ajakan kepada orang non muslim agar memeluk islam dan memulai kembali kehidupan islam, ajakan agar memeluk islam itu lebih efektif jika dilakukan oleh negara yang menerapkan syariat,tetapi ajakn untuk memulai kembali kehidupan islam itu di lakukan saat sebelum dan sesudah berdirinya khilafah.

sedangkan amar makruf nahi munkar itu meliputi semua kemakrufan dan kemunkaran. dan karena fakta kemakrufan dan kemunkaran itu ada yang bersifat individu, kelompok atau negara, maka amar makruf nahi munkar tersebut harus meliputi semuanya.
karena sumber kemakrufan dan kemunkaran yang paling efektif dalam mewujudkan kemakrufan dan menangkal kemungkaran itu adalah negara, maka aktifitas tersebut harus bersifat siyasi(politik).sehingga bisa menjangkau sumber kemakrufan dan kemunkaran tersebut.

permasalahan kenapa harus politik??
sekarang kita memandang arti politik itu menurut kamus dalam kapitalis atau kamus dalam islam, jika kita memandang politik itu dalam kapitalis jelas semua ungkapan di atas salah, tapi sebagai umat muslim yang memiliki tuhan yaitu alloh yang telah meridhai islam sebagai agamanya maka kita harus memandang makna politik dengan kaca mata islam, lalu seperti apa politik menurut pandangan islam???
islam menggariskan politik itu sebagai aktifitas pengaturan dan pemeliharaan segenap urusan umat, baik dalam luar negri ataupun luar negri.pendek kata,setiap dakwah justru harus berpolitik dalam arti yang sesungguhnya.Maka itulah kenapa kita harus berpolitik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar