Selasa, 16 Juni 2009

masalah kemiskinan di indonesia


kemiskinan,itulah permasalahan yang tak kunjung seleai termasuk didunia islam.
Di dunia islam,khususnya indonesia banyak hal yang menyebabkan kemiskinan diantaranya adalah beban hidup yang berat.banyaknya dana ynag diperlikan jauh lebih basar dari pada pendapatan, karenanya beban hidup semakin berat. apalagi harga barang terus naik, biaya pendidikan semakin meningkat, dan biaya untuk kesehatan semakin membumbung.
ditambah lagi lapangan kerja yang tidak mencukupi, ketersediaan lapangan kerja dipadu dengan keahlian yang rendah menjadikan pendapatan tidak meningkat, kondisi demikian, pada saat beban hidup yang semakin berat, meniscayakan terjadinya kemiskinan yang menjadi-jadi.
Dalam keadaan terpuruk sejatinya rakyat miskin mendapat bantuan dari penguasa,sayang, sistem ekonomi kapitalis yang selam ini di terapkan tidak memungkinkan hal tersebut. kalaupun ada jaringan pengaman sosial itu tidak sampai pada sasaran.

Ada 2 masalah yang menyebabkan 'kemiskinan'negara yang muaranya adalah kemiskinan masyaralat,
pertama; uang yang dipakia bversandar pada dolar, perubahan mata uang dolar akan langsung berdampak pada kehidupoan dalam negri.
kedua; APBN,sumber APBN hanya ada 2 , yaitu penerimaan dalam negri dan hibah.
pengelolaan SDM diserahkan kpd asing, dana yang masuk dikorupsi oleh pejabat.
kekurangan dana ditomboki dengan menjual kekayaan alam dan berhutang sehingga semakin lama potensi kekayaan berkurang. .

itulah sebagian kecil yang menyebabkan kemiskinan dari gejala tersebut. persoalan pertama adalah persoalan kemiskinan rakyat individu-perindividu.

1 komentar:

  1. perjuangan tidak lain adalah memiliki ketegasan, keberanian dan juga kekuatan pada saat yang bersamaan dalam menindak setiap perbuatan.....

    kemaksiatan ada di depan mata........

    bukan saatnya bungkam

    apalagi menunggu yang lain dulu untuk memulai

    Katakan dan lakukan untuk ISLAM

    Sukses buat mbakk

    keep struggle


    love you, early



    ^_^

    BalasHapus